DOWNLOAD APLIKASI

Benarkah Harga Paket Internet di Indonesia Termasuk Murah?

shape image

Benarkah Harga Paket Internet di Indonesia Termasuk Murah?

Internet mobile kini sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dalam kesehariannya. Tingginya pemakaian internet mobile mengharuskan pengguna membeli paket data yang dijual oleh operator seluler.
Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo, Ahmad M. Ramli menjelaskan, masyarakat Indonesia kini hampir 90 persen menggunakan internet mobile, sementara hanya 10 persen yang memakai layanan fixed broadband. Maka dari itu, paket data internet sudah menjadi kebutuhan yang penting.
Tidak hanya itu, Ramli juga menyebut Indonesia termasuk salah sau negara yang menjual paket data internet dengan harga yang relatif murah. Pemerintah juga tidak mengatur harga paket data yang dijual dan membebaskan kepada operator dan masyarakat.
"Kalau kita berpikir, kita termasuk pasar yang paling sukses jualan paket data internet karena jualannya lewat handphone dengan harga yang murah. Ternyata itu yang dibutuhkan oleh masyarakat kita. Pemerintah membebaskan itu semua, rakyat bebas membeli yang mana dan operator bebas menjual yang mana. Pemerintah juga tidak menetapkan tarif, tarif atas, tarif bawah kita tidak tetapkan," jelasnya dalam diskusi "Webinar: Pemerataan Jaringan Telekomunikasi dalam Menyongsong New Normal" yang digelar secara virtual, Rabu (10/6).
 Ahmad M Ramli
Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo, Ahmad M. Ramli.
Tapi, benarkah Indonesia termasuk negara yang menjual paket data internet dengan harga yang murah dibandingkan negara lain?
Sebuah situs yang membandingkan harga tarif internet di dunia, Cable, telah melakukan riset untuk menelusuri berapa tarif internet mobile termurah dan termahal di 230 negara, termasuk di Indonesia.
Hasil riset yang dilakukan pada periode 3 hingga 25 February 2020 itu menempatkan Indonesia di peringkat 14 dalam daftar negara yang memiliki tarif paket data internet termurah dari 230 negara di dunia.
Riset Cable itu menyebutkan, harga rata-rata paket data internet mobile di Indonesia untuk kuota 1 GB adalah sekitar Rp 9,9 ribu.
Harga termurah paket data internet di Indonesia adalah 0,13 dolar AS atau sekitar Rp 2 ribu untuk kuota 1 GB. Sementara harga termahalnya mencapai 12,88 dolar AS atau sekitar Rp 200 ribu untuk kuota yang sama.
Riset Harga Paket Internet Indonesia menempati urutan ke-14 dalam daftar paket internet termurah. Di Indonesia, Cable mengambil sampling data dari 45 paket data internet yang ditawarkan. Sayangnya, riset tersebut tidak dijelaskan mereka mengambil data dari operator seluler mana saja.
Data dari Cable ini membuat Indonesia menduduki posisi kedua negara dengan paket data internet termurah di Asia Tenggara, setelah Vietnam yang berada di posisi 10 dengan kuota 1 GB dijual 13,333 dong Vietnam atau sekitar Rp 8 ribu.
Analis Cable, Dan Howdl, melihat besaran tarif paket data internet di suatu negara sangat dipengaruhi dengan infrastruktur telekomunikasi yang dimiliki.
"Lain-lain dengan jaringan broadband yang kurang maju sangat bergantung pada data seluler dan keadaan ekonomi yang menentukan bahwa harga harus rendah, karena harga itulah yang orang mampu.," jelasnya Howdl.

Secara global, India menduduki posisi pertama sebagai negara dengan harga paket data internet termurah. Rata-rata harga paket data internet di India untuk kuota 1 GB hanya 6,66 rupee atau Rp 1.236.
Lantas negara mana yang punya harga data internet mobile termahal? Ternyata negara itu adalah Saint Helena. Harga rata-rata paket data internet di Saint Helena bisa mencapai 40,83 poundsterling atau Rp 727 ribu untuk kuota 1 GB.

Sumber : https://kumparan.com/kumparantech/benarkah-harga-paket-internet-di-indonesia-termasuk-murah-1tahaytzgIk/full

Posting Komentar

Copyright © KIOS PULSA MURAH - Perusahaan Distributor Pulsa All Operator Termurah dan Terpercaya.